AHO & DRL




AHO & DRL sedang ramai diperbincangkan di dunia otomotif terutama roda 2.

AHO

AHO sendiri merupakan singkatan dari "Automatic Headlamp On" Yang merupakan sistem yang baru-baru ini diterapkan oleh beberapa ATPM motor di Indonesia agar lampu utama menyala terus dengan menghilangkan saklar lampu.



AHO ini merupakan wujud pemaksaan untuk mengikuti sistem DRL, karena gak ada saklar lampunya, mau tidak mau, suka tidak suka harus nyala lampu utamanya. Padahal ada waktu tertentu ketika lampu utama tabu untuk dinyalakan. Contohnya ketika ke tempat makan yang terbuka(tenda, warung dll) Menyalakan lampu utama akan menyilaukan orang-orang lain yang sebenarnya kurang sopan. Jadi ini lah yang sebenarnya kekurangan sistem AHO ini. Dan juga beberapa orang beranggapan, saat menyalakan motor sebaiknya lampu utama dimatikan, agar tidak terlalu membebani aki yang bertugas menyalakan mesin.

DRL

DRL merupakan singkatan dari DayTime Running Light, yaitu lampu yang menyala di siang hari. Sistem ini sudah terbukti mampu mengurangi kecelakaan di beberapa negara. Namun banyak yang membantah anggapan ini dengan alasan , Indonesia merupakan negara tropis yang tidak ada musim salju, dan siangnya terang seperti biasa. Namun kalau menurut saya sistem ini cukup membantu pengendara dalam mengidentifikasi kendaraan disekitarnya.

Begini contohnya

Bayangkan kita seorang pengendara kendaraan bermotor, lalu Nyamuk kita anggap sebagai motor-motor yang berada bersama kita di jalanan. Bayangkan jika nyamuk-nyamuk itu mempunyai sumber cahaya di badannya, tentu akan lebih mudah kan bagi kita untuk mengetahui posisi nyamuk-nyamuk itu, bukan ?


Sama seperti nyamuk, Motor berukuran lebih kecil dibanding mobil, dan jumlahnya dijalan pun jauh lebih banyak dibanding mobil, jadi perlu ketelitian mata yang tinggi untuk mengetahui posisi-posisi motor-motor itu. Keberadaan sumber cahaya di masing-masing motor itu sangat membantu pengelihatan kita, karena cahaya lebih mudah terlihat secara sekilas dibanding motor itu sendiri.

DRL memang memiliki efek terhadap bohlam yang lebih cepat putus dan bisa juga mengurangi umur Aki. Tapi dibanding bohlam dan Aki tentu nyawa kita jauh lebih berharga.

Sekian dan terima kasih.... :D

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment