Profil Tokoh : Marie Curie






Lahir dengan nama Maria Skłodowska-Curie di Warsawa, Polandia, pada 7 November 1867. Dia adalah satu dari sedikit orang yang berhasil memenangkan nobel dalam dua bidang sekaligus yaitu Fisika pada tahun 1903 dan Kimia pada tahun 1911. Marie Curie termasuk kedalam daftar penemu yang berpengaruh kepada dunia.

Marie Curie berhasil menemukan zat radium, yang sekarang digunakan untuk keperluan medis sebagai pembunuh sel kanker. Zat yang pertama ditemukannya diberi nama Polonium, ditmukan pada tahun 1898.

Sejak masa remajanya Marie Curie yang memilik nama panggilan Manya, sudah sangat ber prestasi, di tingkat pendidikan keduanya(setara SMP) dia berhasil mendapat medali emas. Namun sayang keadaan ekonomi keluarganya memburuk setelah orangtuanya mengalami kegagalan dalam ber investasi. Marie Curie pun harus rela hidup pas-pasan. Marie bekerja menjadi guru untuk membantu ekonomi keluarganya dan membantu biaya sekolah kakaknya yang akhirnya lulus mendapat gelar Dokter. Marie Curie ikut ke Prancis bersama kakaknya, lalu dia melanjutkan pendidikan di Universitas Sorbonne jurusan Fisika dan matematika. Dan kepintaran Marie Curie tidaklah hilang, dia berhasil menjadi Mahasiswi terbaik di kelasnya.

Nama belakang Curie dia dapat setelah menikah dengan Pierre Curie yang juga ahli kimia dan memiliki dua orang putri, Irène dan Ève, yang lahir pada tahun 1897 dan 1904.

Marie Curie wafat pada 4 Juli 1934 pada usia 66 tahun.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment