[TIK (E-Commerce)] Jangan Takut Belanja Online !



Postingan ini bakal berhubungan dengan teknologi. Buat pembaca, adakah yang pernah belanja online ? Atau belum sama sekali ? Kalau kita lihat belanja online itu banyak keuntungannya. Coba kita list kan
* Pilihan banyak karena penjual banyak
* Gak perlu modal dengkul untuk cari barang murah, tinggal modal mata yang teliti dan jari-jari kita
* Gak perlu susah cari waktu untuk bisa ke tempat penjual, tinggal duduk di depan komputer rumah anda
* Harga sebagian besar lebih murah dibanding dengan membeli di toko langsung
* Dan masih banyak lagi :D

Saya sendiri sebagai penulis artikel sudah beberapa kali berbelanja online. Hmmm, kalau dihitung sudah 3 kali. Dan Alhamdulillah semuanya lancar tanpa kendala. Dan sebagai yang pernah mengalami, memang banyak sekali keuntungannya.

Misalkan waktu itu saya mau mencari Strap Gitar bermotif Police Line. Saya sudah keliling 2 Gramedia dan 1 toko musik gak ada satupun yang menyediakan. Kalau mau saya harus nyari ke tempat yang agak jauh lagi. Akhirnya saya coba untuk mencari di FJB(Forum Jual Beli) Kaskus.us . Tinggal tulis di kolom search... lalu ketemu deh. Langsung saya hubungi penjual melalui fitur Private Message di Kaskus sekaligus menanyakan harga pas, siapa tahu dapet diskon hahaha. Terus waktu itu kebetulan juga ada teman saya mau nitip, akhirnya digratisin ongkos kirim(di Gramedia mana ada diskon kolektif begini).

Hari berikutnya langsung transfer duit ke penjual dan ternyata hari itu langsung dikirim juga oleh penjualnya. Karena lokasi penjual ada di Jakarta, jadi barang sampai 1 hari setelah dikirim dengan paket reguler TikiJNE.

Photobucket
(Barang tiba :D )

Oke itu sedikit pengalaman ber transaksi online. Dan ternyata gak ada ruginya

Yang paling ditakutkan orang-orang dalam berbelanja online adalah penipuan. Apalagi umumnya ketika melakukan transaksi online, pembeli harus mentransfer uang dulu ke rekening penjual baru barang akan dikirimkan.

Tapi tenang sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa Rekening Bersama atau biasa disebut Rekber. Rekber ini sangat aman sekali dari penipuan

Apa Itu Rekber ?

Silahkan kita lihat gambar dibawah ini
 


Provider Rekber sekarang memang sudah banyak, sistem yang mereka gunakan pun sama seperti diatas. Hanya berbeda di tarif dan ke profesonial'an pemilik rekber. Memang bertransaksi dengan rekber akan memakan sedikit biaya, tapi gak sampai 10% harganya kok. Sebanding dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Tapi namanya sistem, gak ada yang sempurna. Namanya orang niat nipu ya ada saja akal bulusnya.Bahkan gak jarang pemilik rekber yang menjadi target penipu.


Namanya transaksi , berawal dari saling percaya. Gak semua orang niat nipu, banyak juga yang memang niat untuk mencari nafkah, jadi sebagai konsumen kita juga yang harus pintar . Berikut tips yang cukup ampuh dalam transaksi online

-> Usahakan transaksi di forum yang penggunanya ramai. Soalnya persentase penipu akan lebih sedikit di forum yang penggunanya ramai.
-> Untuk barang yang harganya cukup tinggi, pilih sistem ketemuan atau Rekber. Jika Seller menolak, tinggalkan saja. Sudah ada indikasi menipu kalau begitu.
-> Utamakan seller yang memajang gambar barang dagangannya(Foto Asli bukan foto barang reka'an) Ini juga bisa menjadi bukti bahwa seller memiliki barang itu. Walaupun ada kemungkinan mengambil gambar milik orang lain.
-> Utamakan seller yang memiliki banyak testimonial, walaupun juga ada kemungkinan itu testimonial fiktif.
-> Utamakan seller ber reputasi bagus di forum itu.
-> Selama proses transaksi, catat dan ingat nomor rekening, nomor hp dan kalau perlu alamat/lokasi seller, agar bisa menjadi bahan untuk penyidikan jika terjadi kasus penipuan.
-> Banyak Do'a, supaya kita dilindungi oleh Yang Maha Kuasa

Ya akhir kata, transaksi online memang dasarnya saling menguntungkan bagi seller dan buyer, dengan memotong sebagian ongkos yang tidak perlu ada ketika ber transaksi online. Buyer mudah kalau mau mencari barang dan tidak perlu membuang-buang bensin karena cuman butuh komputer saja. Seller tidak perlu repot-repot pasang iklan yang bayar, tinggal pasang di forum, advertisment gratis deh. Dan juga membuka peluang usaha bagi pengusaha yang modalnya pas-pasan, gak perlu bayar sewa toko lagi kalau jualannya di internet. Dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang seimbang bagi keduanya

Sekian dan terima kasih

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment